PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) mampu meningkatkan kinerja meskipun menghadapi pandemi. SMDR membukukan kenaikan pendapatan perusahaan sebesar 12% dari tahun sebelumnya menjadi US$ 490,84 juta di tahun 2020. Lini bisnis Samudera Shipping menjadi kontributor pendapatan terbesar dengan menyumbangkan 72% dari total pendapatan. 

“Kami bersyukur dapat melalui tantangan operasional tahun 2020 dengan baik. Perusahaan melakukan peremajaan beberapa unit kapal dan mencatatkan kerugian atas penyesuaian nilai buku armada kapal. Namun, kerugian tersebut tidak berdampak terhadap kinerja operasional maupun arus kas perusahaan. Bahkan laba operasional yang dicapai pada tahun 2020 meningkat 37% dibandingkan tahun sebelumnya,” ungkap Bani Maulana Mulia, Direktur Utama SMDR saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 30 Juni 2021.

SMDR termasuk salah satu emiten awal yang berhasil melaksanakan RUPS sepenuhnya secara daring menggunakan sistem eASY.KSEI. 

Dalam RUPS daring ini disetujui pembagian dividen sebesar Rp10,00 per saham atau total sebesar Rp32,7 miliar.

Seiring dengan pemulihan aktivitas ekonomi global yang tercermin dengan meningkatnya permintaan pelayaran peti kemas internasional, SMDR optimis dapat menemukan peluang peningkatan kinerja di tahun 2021. 

Kembali