Pendidikan merupakan salah satu bidang yang menjadi fokus tanggung jawab sosial perusahaan di Samudera Indonesia. Salah satu bentuk kepedulian tersebut diwujudkan Samudera Indonesia dengan menjadi sponsor utama tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di ajang Hydrocontest 2018.

Sponsorship ini disampaikan melalui Samudera Indonesia Peduli sebagai bagian dari kegiatan corporate social responsibility (CSR) untuk bidang pendidikan. Hydrocontest sendiri merupakan kompetisi mahasiswa internasional, didedikasikan untuk efisiensi energi angkutan laut. Dalam kompetisi ini, mahasiswa ditantang untuk mempresentasikan idenya dalam bentuk rancang bangun dan bahkan pengoperasian kapal yang efisien. Hydrocontest 2018 diadakan di Saint-Tropez, Prancis pada 2 - 10 September 2018.

Pada tanggal 24 Agustus 2018 yang lalu, Tim Hydrone ITS meluncurkan kapal cepat yang diberi nama Wisanggeni. Kapal ini telah dibuat dengan sistem bahan bakar baterai 36 volt, 60 ampere. Wisanggeni juga telah diuji coba dengan membawa beban seberat 20 kg melewati 19 lap yakni sepanjang 3,8 kilometer. Kecepatan yang dihasilkan mencapai 4,3 meter per detik.

Melalui dukungan ini, Samudera Indonesia berharap anak bangsa bisa menghasilkan karya terbaiknya melalui peningkatan-peningkatan inovasi di bidang teknologi, khususnya angkutan laut.         

Kembali