Disrupsi pandemi Covid-19 memberikan tantangan baru di dunia logistik dan mengangkat rantai pasok global ke tingkat yang lebih tinggi. Menjawab tantangan tersebut, PT Samudera Indonesia Tangguh (Samudera Indonesia) dan PSA Corporation Ltd (PSA) sepakat untuk meningkatkan kerja sama antara kedua perusahaan dalam kolaborasi bersama mendorong lahirnya inovasi logistik.

Kesepakatan yang ditandatangani hari ini secara virtual antara Jakarta dan Singapura menjadi dasar peningkatan kolaborasi antar kedua perusahaan. Pengalaman, keahlian, dan jaringan Samudera Indonesia digabungkan dengan luasnya cakupan pasar global PSA dalam pelabuhan & logistik diyakini akan dapat menghasilkan inovasi & solusi peningkatan efisiensi dan terbentuknya rantai pasok yang tangguh dalam konektivitas kargo.

Kolaborasi ini mencakup pengembangan jalur perdagangan antara Indonesia, Asia Tenggara, dan dunia untuk menyediakan layanan multimoda, freight forwarding, pergudangan & trade financing. Samudera Indonesia dan PSA juga akan mengembangkan inovasi rantai pasok untuk sektor cold chain & e-commerce.

Dalam mengembangkan masa depan supply chain management, kedua mitra akan mengeksplorasi penggunaan platform digital, salah satunya CALISTA™, yang akan dapat menggabungkan layanan logistik, perizinan dan keuangan bagi para pelanggan. Hal ini diyakini akan meningkatkan kualitas konektivitas kargo, dan terciptanya ekosistem logistik yang lincah, efisien, dan transparan. 

Regional CEO Southeast Asia PSA, Ong Kim Pong,  mengatakan, “Kami optimis melihat ke masa depan bekerja sama dengan Samudera Indonesia, dalam upaya berinovasi dan meraih keunggulan dalam transportasi kargo dan rantai pasok. Kolaborasi ini merupakan usaha bersama untuk memperkuat konektivitas logistik  yang tangguh dan memiliki daya tahan dalam menjawab tantangan masa depan. PSA senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan kapabilitas dan mendorong koordinasi  rantai pasok, memperkuat reputasi Singapura sebagai hub logistik dan pengelolaan rantai pasok yang efisien.”

Direktur Utama Samudera Indonesia, Bani M. Mulia, menambahkan, “Indonesia sebagai perekonomian terbesar di Asia Tenggara memiliki potensi pertumbuhan luar biasa ketika berhasil mengurai penyumbatan kelancaran infrastruktur logistiknya. PSA kaya akan pengalaman dalam peningkatan efisiensi logistik, seraya terus menerus meningkatkan daya saing Singapura sebagai hub Asia Tenggara. Selain kerja sama layanan pelayaran ke pelabuhan Singapura yang sudah terjalin selama ini, kami bersemangat menyambut kolaborasi lebih jauh dengan PSA untuk mengeksplorasi peluang investasi logistik & inovasi digital.”

PSA Singapore

PSA Singapore mengoperasikan transhipment hub peti kemas terbesar di dunia, mengelola 36.6 juta TEUs di tahun 2020. Operator pelabuhan Singapura ini terhubung dengan 600 pelabuhan di dunia, melayani pemilik barang setiap hari dengan operasi 24 jam sepanjang tahun. Selain layanan pelabuhan, PSA juga menawarkan solusi kargo kepada pelanggan yang beroperasi di bidang manufaktur, cold chain, e-commerce, dan energi. Layanan PSA didukung oleh CALISTA™, platform digital yang memfasilitasi perdagangan dan membantu pengirim barang dalam mengelola pergerakan barang, trade financing, dan compliance.
www.singaporepsa.com

Catatan: PSA berhenti menggunakan nama “Port of Singapore Authority” sejak 1997 ketika berubah menjadi entitas korporasi. PSA Corporation Ltd dikenal juga dengan nama “PSA Singapore” atau “PSA”.

Samudera Indonesia

Samudera Indonesia telah berkiprah di dunia pelayaran, pelabuhan dan logistik selama lebih dari 70 tahun dengan reputasi terpercaya, menghubungkan Indonesia dan dunia. Samudera menaungi lebih dari 100 anak perusahaan, diantaranya PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) tercatat di Bursa Efek Indonesia dan Samudera Shipping Line Ltd yang tercatat di Singapore Stock Exchange.
www.samudera.id

Kembali