TATA KELOLA PERUSAHAAN

Struktur tata kelola Perusahaan terdiri atas Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Dewan Komisaris dan Direksi mengacu kepada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Kewenangan ketiga komponen Perusahaan tersebut diatur dalam Anggaran Dasar Perusahaan.

RUPS

RUPS memiliki posisi tertinggi dalam Perusahaan. Pemegang saham dalam RUPS berhak mengambil keputusan yang berkaitan dengan kepentingan usaha Perusahaan.  

Dewan Komisaris

Komposisi Dewan Komisaris terdiri dari 1 Komisaris Utama, 2 Komisaris, dan 2 Komisaris Independen. Dalam melaksanakan tugas pengawasan terhadap jalannya operasional perusahaan, Dewan Komisaris didukung oleh tiga Komite Komisaris yakni:

  • Komite Audit

Seluruh anggota Komite Audit adalah para profesional yang independen serta telah memenuhi syarat yang ditetapkan dalam Peraturan Bapepam-LK (OJK) No. IX.I.5. Susunan Anggota Komite Audit saat ini adalah:

Dalam melaksanakan tugasnya Komite Audit mengacu pada Piagam Komite Audit PT Samudera Indonesia Tbk.

  • Komite Nominasi dan Remunerasi

Komite Nominasi dan Remunerasi membantu melaksanakan fungsi dan tugas Dewan Komisaris terkait Nominasi dan Remunerasi terhadap anggota Direksi dan anggota Dewan Komisaris.  Saat ini, susunan Komite Nominasi dan Remunerasi adalah sebagai berikut:

  • Komite Pengembangan Perusahaan

Komite ini dibentuk dalam rangka pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik serta untuk peningkatan kinerja dan pengembangan usaha Perusahaan. Susunan Komite Pengembangan Perusahaan per 31 Desember 2017 adalah sebagai berikut:

Direksi

Direksi adalah organ perusahaan yang bertanggung jawab penuh atas pengurusan Perusahaan untuk kepentingan dan tujuan Perusahaan sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar. Direksi bertugas dan bertanggung jawab secara kolektif dalam mengelola Perusahaan. Direksi bertanggung jawab terhadap pengelolaan Perusahaan agar dapat menghasilkan nilai tambah dan memastikan kesinambungan usaha.  Masa jabatan setiap anggota Direksi ditetapkan selama 5 tahun dan dapat diangkat kembali. Susunan Direksi Perusahaan terdiri dari tiga anggota yang meliputi 1 Direktur Utama, 1 Direktur, dan 1 Direktur Independen.