PT Samudera Indonesia Ship Management (SISM) didirikan tahun 1991 untuk mendukung aktivitas pelayaran dengan menyediakan keunggulan kompetitif yang profesional, efisien, dan bernilai nilai tambah bagi pelanggan. SISM merupakan penggabungan dari divisi pengelolaan yang ada di berbagai unit bisnis di Samudera Indonesia. SISM juga didukung oleh sumber daya yang kompeten dan tim ahli untuk mengoperasikan kapal secara aman untuk memenuhi persyaratan nasional dan internasional berdasarkan kebutuhan pasar dan juga praktek terbaik dan pengelolaan kapal.

Sistem pengelolaan keselamatan yang dilaksanakan di SISM telah mengacu pada peraturan International Safety Management Code for Safe Operation of Ships and for Pollution Prevention (ISM Code), ISO 9000 Standard, The Standard of Training, Certification and Watch Keeping for Seafarer (STCW), SEEMP, MLC and ISO 14000. Sistem ini telah dikembangkan secara mandiri dari konsep sampai implementasi termasuk penerapan baik di kapal maupun kantor. SISM mengembangkan Integrated Ship Management System (ISMS) sebagai backbone sistem informasi dan teknologi  untuk mendukung aktivitas dan operasional bisnis sehari-hari. Selain layanan pengelolaan kapal, SISM juga menyediakan layanan lain seperti layanan terpisah atau terpadu dengan rincian sebagaimana berikut:

  • Layanan pengelolaan kapal meliputi pengelolaan teknis dan kru, pembelian, administrasi, akuntansi, dan dukungan teknis.
  • Bantuan hukum dan asuransi
  • Layanan rekrutmen dan penempatan pelaut yang tersertifikasi berdasarkan Maritime Labour Convention (MLC) 2006 dari Nippon Kaiji Kyokai (Class NK) dan  Surat Ijin Usaha Perekrutan dan Penempatan Kru dari Pemerintah Indonesia
  • Survei dan inspeksi kondisi kapal
  • Supervisi di lapangan saat pembangunan dan perbaikan kapal
  • Pengelolaan proyek dry-docking.