PT Samudera Indonesia Ship Management (SISM) didirikan pada 1992 untuk mendukung kegiatan pelayaran dengan memberikan layanan profesional, efisien, dan nilai tambah dalam bentuk keunggulan kompetitif bagi pelanggan. SISM merupakan hasil penggabungan dari beberapa divisi manajemen kapal dalam berbagai unit bisnis pelayaran di Samudera Indonesia. SISM juga didukung oleh tenaga yang sangat kompeten dan tim ahli untuk mengoperasikan kapal secara aman dan memenuhi persyaratan nasional dan internasional sesuai dengan kebutuhan pasar, serta praktik terbaik dalam manajemen kapal.

Sistem manajemen keselamatan yang diterapkan oleh SISM mengacu pada regulasi Kode Manajemen Keselamatan Internasional untuk Operasi Aman Kapal dan Pencegahan Polusi (Kode ISM), Sistem Manajemen Kualitas ISO 9001, Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001, Sistem Kesehatan dan Keselamatan Kerja ISO 45001, Sistem Manajemen Keamanan (Kode ISPS), MLC 2006, SEEMP, Sistem Manajemen Keamanan Siber, dan adopsi TMSA, OVMSA, dan OVID. Sistem ini telah dikembangkan secara independen mulai dari konsep hingga implementasi di kapal-kapal dan kantor-kantor. SISM mengembangkan Sistem Manajemen Kapal Terpadu (ISMS) sebagai tulang punggung sistem informasi dan teknologi untuk mendukung operasi dan kegiatan bisnis sehari-hari. Selain layanan manajemen kapal, SISM juga menyediakan layanan lain sebagai layanan independen atau layanan terintegrasi yang dijelaskan sebagai berikut:

 

  • Layanan manajemen kapal termasuk manajemen teknis, manajemen awak kapal, manajemen pengadaan, dan asuransi maritim
  • Inspeksi sebelum pembelian
  • Supervisi pembangunan kapal baru
  • Dry-docking project management
  • Penyusunan anggaran
  • Penggantian bendera kapal & administrasi
  • Pusat pelatihan